Mahasiswa Pencinta Alam Akademi Teknik Tirta Wiyata Magelang (ARTAPALA) : Mengadakan Kegiatan Pendidikan Dasar (DIKSAR) ke-I

Magelang – Jumat, 31 Januari 2020 sampai dengan Sabtu, 1 Februari 2020, Mahasiswa Pencinta Alam Akademi Teknik Tirta Wiyata Magelang (ARTAPALA) mengadakan Kegiatan Pendidikan Dasar (DIKSAR) ke – I yang bertempat di Kampus AKATIRTA. Kegiatan ini dilakukan dengan mengangkat tema “ Menciptakan MAPALA yang Terampil, Berakarakter dan Peduli Lingkungan dengan Rasa Kekeluargaan yang Tinggi.

Kegiatan dimulai dengan pembukaan oleh MC kemudian dilanjut dengan sambutan dari Wakil direktur III Bapak Reosa Andika Firmansyah S.Si., M.Sc yang di wakilkan oleh ketua ARTAPALA M. Irfan Habibi. Dalam sambutannya menyampaiakan pesan kepada seluruh anggota ARTAPALA, ” selamat datang di kegiatan DIKSAR ke 1, harapannya dengan adanya kegiatan ini semua anggota dapat mengikuti kegiatan dengan baik dan mempererat tali persaudaraan antar anggota dan dengan adanya kegiatan dapat terlaksana dengan baik ”.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi yang disampaikann oleh M. Irfan Habibi tentang Keartapalaan. Materi ini duberikan bermaksud agar para peserta lebih memahami ARTAPALA. Kemudian materi dilanjutkan oleh Ilham Rochadi tentang “Pengenalan Alat-alat dan cara pendirian Bivak dan Tenda. Kemudian setelah materi diberikan dilanjutkan praktek lapangan mendirikan tenda dan bivak. Setelah selesai mendirikan tenda dan bivak dilanjutkan acara kebersamaan dengan menyalakan api unggun dan bakar ubi untuk dimakan bersama sembari menyanyi dan bercengkrama. Dengan adanya sesi ini semua anggota berkumpul dan lebih mengenal satu sama lain. Hari semakin malam semua peserta istirahat di tenda untuk mempersiapkan diri untuk kegiatan selanjutnya.

Esok harinya Sabtu, 1 Februari 2020 peserta melaksanakan senam pagi yang dipimpin oleh Dwi Prakoso yang membuat peserta tertawa karena gerakan yang unik. Setelah senam semua peserta memasak nasi goreng bersama untuk sarapan bersama. Setelah sarapan dilanjutkan materi oleh Sigit Purnomo tentang Tali Temali dan Penanganan pada Korban Patah Tulang. Setelah diberi materi para peserta mempraktekan dilapangan. Kemudian dilanjutkan materi dan praktek Biopori oleh Dwi Prakoso. Setelah semua selesai para peserta diberi titik koordinat dan ditugaskan untuk mencari slayer dititik tersebut. Setelah semua mendapatkan kemudian dilanjutkan pengukuhan dan pelantikan anggota dan foto bersama.

Acara terakhir ditutup oleh Ketua ARTAPALA yang menyapaikan, “ selamat datang di ARTAPALA, semoga kegiatan selanjutnya dapat bekerja sama dengan baik dan ARTAPALA semakin maju“.

DIVISI SAR – ARTAPALA

Leave a Reply

Your email address will not be published.